Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buka Rekening Tabungan Mudah di Bank-Bank Berikut

Buka Rekening Tabungan di Bank Apa? - Kholil Media Tekno
Buka Rekening Tabungan di Bank Apa? - Kholil Media Tekno


Pernah kepikiran membuka rekening tabungan di bank? Bagi kalian yang belum familiar dengan perbankan bisa ada dua kemungkinan: 1) Memang belum perlu, 2) Sudah punya, tapi join dengan orang tua atau anggota keluarga lainnya.

Alasan pertama bisa jadi memang belum perlu transaksi cashless, masih sering mengandalkan uang tunai dalam segala pembayaran kebutuhan. Bisa juga sudah terbiasa cashless tapi sekadar lewat dengan perantara dompet digital (e-wallet), seperti GoPay, SPay, Dana, OVO dan lain-lain.

Alasan kedua bisa jadi karena belum cukup umur, daripada membuat tabungan anak mending sekalian nunggu sebentar lagi saat sudah punya KTP. Atau bisa juga memang segala keperluan masih jadi satu dengan keluarga.

Bagaimanapun alasannya, suatu saat rekening tabungan bakal diperlukan juga. Apalagi saat sudah berhubungan dengan orang banyak, mempunyai bisnis sendiri, atau mengurus keperluan lain yang mau tidak mau harus menyertakan nomor rekening atau bahkan scan buku tabungannya. Bisa juga saat KYC platform tertentu melampirkan riwayat rekening untuk syarat bukti alamat (proof of address).

Sekian banyak bank baik plat merah maupun swasta terkadang membuat bingung, harus pilih bank mana ya untuk membuka rekening tabungan? Baru pertama nih. Pun bagi kalian yang sudah punya rekening di suatu bank terkadang juga kepikiran untuk membuka rekening di bank lain. Agar merasakan fasilitas yang berbeda atau mungkin sekadar pisah dana.

___________________
Berikut saran bank-bank (beserta jenisnya) secara subjektif, agar kalian bisa membuka rekening tabungan sesuai keinginan. Tentu berdasarkan pengalaman saya sendiri. Kalau objektif terlalu rumit nanti harus membandingkan berbagai aspek dengan adil.

1. Bank Central Asia (BCA) - Konvensional Non Digital

Meskipun bank swasta, namun BCA menjadi bank Buku IV dengan kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia. Akrab dengan para pebisnis, yang lebih mengedepankan kualitas layanan. Pernah dengar atau baca bahwa bicara layanan BCA juaranya? Bahkan sampe pelayanan terdepan saat masuk kantor cabangnya, Satpam BCA juga paling mengerti nasabah.

Perihal tingkat keterpercayaan, BCA menjadi tertinggi dari seluruh bank di Indonesia. Pun dengan teknologinya juga menjadi bank dengan kecanggihan yang selalu maju, lainnya belum ada yang bisa menyaingi sampai sekarang. Bahkan ia menjadi pelopor sistem ATM Bersama yang bisa digunakan berbagai bank di Indonesia.

Walau begitu membuka rekening di BCA dikenal mahal dari deposit awal sampai fee bulanan, dulu sih. Sebab sekarang sudah ada jenis tabungan Xpresi yang membukanya cukup dengan online di aplikasi BCA mobile. Nanti setelah mengisi data pribadi yang diperlukan akan dilakukan video call dengan Customer Service (CS) BCA sebagai verifikasi pengaktifan rekening. Tapi yang sedikit menjengkelkan antrinya lama banget. Kalau pas tersambung sempat keluar aplikasi maka kamera dan layar akan menghitam, jadi harus antri lagi. Perlu waktu khusus untuk sesi verifikasi ini, jangan mengganggu pekerjaan kalian ya.

Deposit awal berapa? Waktu saya buka dulu sempat tanya CS-nya sebenarnya tidak ada saran minimal deposit awal, tapi disarankan minimal 10 ribu rupiah. Karena dulu mengejar promo juga jadi deposit awal tidak lebih dalam kurun waktu 30 hari. Enaknya lagi tidak ada dana mengendap/tertahan, bisa diambil sampai 0. Tentu enak bagi anak kos.

Fee bulanan berat ngga? Sebenarnya ini tergantung kemampuan teman-teman. Fee bulanan 7.500 rupiah untuk jenis BCA Xpresi. Kalau tambah ATM saya sendiri belum tau, karena kebetulan sampe saat ini pun tidak mengambilnya di kantor cabang. Bisa tarik tunai tanpa kartu hehe

Tapi intinya dibanding dulu dengan BCA Xpresi cukup meringankan kaum muda yang pengen buka tabungan di bank nomor wahid di Indonesia ini ya.

Kalian tidak perlu khawatir kesulitan melakukan pembayaran dengan BCA ini (termasuk pakai kartu ATM-nya, debit). Karena baik online maupun offline tingkat integrasi BCA ini paling luas se-Indonesia.

Aplikasinya sih terkesan jadul, namun fungsinya tidak perlu diragukan. Kalau aplikasi yang baru masih banyak fitur yang belum ada.


2. Bank Mandiri - Konvensional Non Digital

Sebenarnya sekarang bank-bank mulai banyak yang bisa membuka rekening via online. Tapi karena kantor cabangnya yang banyak, jadi tetap tergolong non digital jika membuka rekening tabungan baru di Mandiri ini.

Mandiri juga masuk jajaran Bank Buku IV, menjadi kelompok Himpunan Bank Negara (HIMBARA) yang paling nyaman dan banyak integrasinya dibandingkan yang lain.

Buka rekening mandiri secara online hanya bisa melalui website resminya, yaitu
join.bankmandiri.co.id

Bahkan waktu mau buka rekening di kantor cabang pun saat di Solo diminta daftar melalui online.

Nanti kalian bakal diminta mengisi data penting yang diperlukan, foto ktp, tanda tangan, dan NPWP (lupa ini opsional atau wajib). Habis itu request untuk video call dengan CS. Cepat kok dan bisa dilakukan di browswe smartphone kalian masing-masing..

Oh ya, kalau buka online pilih yang Mandiri Tabungan Now. Untuk kartu debit ATM bebas pilih Visa atau GPN Gold. Setahuku ga bisa silver kalau online ini. Nanti ATM kalian bakal dikirim ke alamat masing-masing, kalau beruntung dan cepat. Kalau ga beruntung ya dateng aja langsung, buat kartunya. Cepet kok, kalau ga ngantri.

Kalau rekening sudah jadi sekalian bikin mbanking-nya di aplikasi Livin' by Mandiri. Menurut saya setelah rebranding dan ganti aplikasi, UI/UX lebih nyaman dan user friendly.

Biaya bulanan rekening 5.000 rupiah, kalau ATM yang GPN Silver (saya ngambil di cabang) 2.500/bulan. Kalau gold harusnya lebih tinggi sih ya. Bisa tarik tunai gratis di ATM Mandiri atau BSI. Tidak ada biaya mengendap.

Oh ya, jangan coba-coba klik fitur blokir kartu aementara di Livin' ya, karena nanti efeknya sama kayak permanen. Tidak bisa diaktifkan langsung di aplikasinya, harus datang ke kantor cabang. Ini tidak seperti deskripsinya sih, infonya tidak tepat.

Perihal integrasi layanan, Bank Mandiri ini termasuk 11 12 dengan BCA. Opsinya mudah ditemukan di mana-mana. Kalau soal mesin ATM lebih banyak daripada BCA, bisa sampe pelosok, tapi masih kalah dengan saudara sesama HIMBARA, BRI.

Consolidated e-Statement akan dikirimkan tiap bulan ke email terdaftar.

3. PermataMe dan/atau PermataMe iB - Konvensional dan Syariah Non Digital

Bukan bank digital, tapi secara fiturnya banyak banget dan semantep bank digital. Baik yang konvensional maupun syariah PermataMe selalu ada promo di mana-mana.

Termasuk Bank Buku IV, soal integrasi layanan beberbagai hal bisa dibilang paling mudah nomor tiga setelah BCA dan Mandiri.

Kalian cukup daftar online dengan meginstall terlebih dahulu aplikasi PermataMobile X. Walaupun untuk semua golongan usia, memang sepertinya aplikasinya ini cenderung digunakan untuk menjangkau kaum muda.

Setelah terinstall pilih dulu jenis tabungan yang diinginkan. Kalau saya pilih PermataMe iB (syariah). Seperti biasa harus mengisi data diri dengan benar, disini nanti tinggal scan KTP juga untuk beberapa data terisi secara otomatis. Menurutku ini menjadi proses pembukaan rekening online tercepat, tidak perlu video call dengan CS juga.

Di akhir pendaftaran kalian sekaligus request pengiriman kartu ATM-nya. Kalau secara visual desain sih debit syariah lebih bagus daripada debit konvensional. Tenang, keduanya merupakan kartu debit Visa online, yang langsung bisa digunakan untuk pembayaran internasional juga. Bakal tertulis nama kalian di kartunya, keren kan. Tidak seperti HIMBARA kalaupun kartu debit tertulis Visa harus diaktifkan dulu agar bisa digunakan untuk pembayaran online atau internasional.

Kartu debit akan dikirim sesuai alamat, sekitar satu minggu paling sudah sampai tergantung jarak dengan kantor pusatnya di Jakarta. Luar Pulau Jawa akan beda estimasi waktu juga. Pengiriman gratis tanpa dipungut biaya satu rupiah pun.

Ada gratisan apa gitu ga? Pastinya. Transfer pakai PermataMe/iB di PermataMobile X gratis ke bank manapun, tanpa batas kuota. Online dan realtime. Memudahkan banget kan pastinya.

Jangan khawatir, saldo kalian tidak akan terpotong charge bulanan. Pun bisa tarik tunai gratis di ATM manapun, jika saldo minimal satu juta rupiah sebelum transfer. Tidak ada biaya mengendap.

Oh ya, bagi kalian pelaku usaha ini juga menjadi kabar bahagia. Asal punya rekening di Bank Permata—apapun jenisnya—kalian bisa membuat QRIS untuk usaha kalian secara cepat. Bisa daftar melalui website resminya Bank Permata, bisa juga melalui aplikasi PermataQR Merchant. Semua bisa diatur, mulai add outlet, add supervisor ataau cashier dll. Nanti file fisik QRIS kalian bakal dikirim sesuai alamat toko yang dibuat. Pastinya gratissssss.

Tapi sayangnya tidak semua kabupaten ada kantor cabang Bank Permata. Jadi ATM-nya pun juga susah ditemukan, bahkan di kota (kecil) sekalipun.

e-Statement bulanan bisa kalian unduh di Aplikasi PermataMobile X.

4. Bank Syariah Indonesia (BSI) - Syariah Non Digital

Bank HIMBARA Syariah ini merupakan merger dari tiga bank syariah plat merah, yaitu BRI Syariah (BRIS), Bank Syariah Mandiri (BSM), dan BNI Syariah (BNIS). Secara legal termasuk sahamnya yang meneruskan BRI Syariah. Tapi secara sistem maupun aplikaisnya meneruskan kemudahan Syariah Mandiri.

Untuk pembukaan rekening tabungan secara online baru tersedia terdaftar di tiga kantor pusatnya. Kalau ingin membuka lebih enak secara langsung ke kantor cabang. Karena rupanya jika menginginkan kartu ATM beberapa CS tidak bersedia jika tidak membuka sesuai dengan kantor yang didatangi.

Sebenarnya bisa saja, karena semua sistem sudah saling terintegrasi online. Mungkin itu strategi untuk mengejar target nasabah baru di masing-masing kantor.

Mengesampingkan hal tersebut, secara sistem dan kemudahan fiturnya, BSI Mobile termasuk salah satu mobile banking yang UI/UX bersih dan menarik.

Saya sarankan kalian membuka rekening tabungan BSI akad wadiah, jenis rekening ini uang kalian di rekening tidak akan berkurang karena fee bulanan, juga tidak akan bertambah karena bagi hasil atau bunga (istilah kalau di konvensional).

Kalian juga bisa memilih kartu debit GPN silver agar tidak ada biaya bulanan kartu. Dengan cara pemilihan jenis rekening tabungan dan ATM yang tepat, maka kalian benar-benar bisa dikatakan menabung tanpa khawatir uang semakin berkurang sendiri karena segala macam biaya bulanan. Tapi perlu diketahui bahwa BSI menerapkan penahanan dana (dana mengendap) sebesar 50 ribu rupiah.

Kalian bisa tarik tunai gratis di ATM BSI maupun ATM Mandiri. Sebenarnya mereka dulu bersaudara, Mandiri adalah kakaknya dan Syariah Mandiri adalah adiknya.

e-Statement akan dikirim setiap bulan ke email terdaftar.

5. SeaBank - Konvensional Digital

Melirik bank digital yang ga punya kantor cabang dan serba online? SeaBank bisa menjadi pilihannya.

Merupakan bank anak perusahaan SEA Limited Group, perusahaan induknya Shopee san Garena. Hasil akuisisi Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE).

Kalian bisa membuka rekening melalui aplikasinya, bisa juga klik dari shopee nanti aka diarahkan ke Play Store untuk mengunduh aplikasinya. Kalau sudah terverifikasi di Shopee maka akan cepat saat membuka rekeningnya disini, shaeing data. Kalian akan video call dengan CS yang antrinya nanti bakal 11 12 dengan BCA, lama dan sering gagal.

Bakal banyak gratisan jika kalian sering berbelanja di Shopee dan/atau sering menggunakan SPay. Tidak pelit-pelit banyak gratisan juga untuk topup semua ewallet dan transfer ke bank lain dengan kuota tertentu, tapi banyak kok jadi dengan penggunaan normal dalam sebulan bakal lebih-lebih.

Jika kalian pendamba bunga, maka membuka rekening tabungan di SeaBank adalah langkah yang tepat. Sebab ada bunga 6% yang cair langsung tanpa syarat setiap harinya.

Tapi sebagai bank yang tergolong baru, belum banyak integrasi selain daripada ekosistem Shopee sendiri.

Oh ya dan kekurangan mendasar sampai saat ini adalah SeaBank belum ada kartu debit/kartu ATM-nya. Walau ada prediksi kartu ATM bakal mulai ditinggalkan, tapi bagaimanapun itu masyarakat tetap membutuhkan uang cash, jadi tarik tunai juga perlu.

Karena bank konvensional, jadi suatu saat kalau mereka sudah tidak melakukan bakar uang, maka siap-siap akan ada biaya bulanan. Lihat saja pelopor bank digital di Indonesia, Jenius.

6. Bank Jago dan/atau Bank Jago Syariah - Konvensional Syariah Digital

Bisa dibilang secara tidak langsung adalah adik dari Jenius, CEO-nya sama lho.

Merupakan rebranding dari Bank Artos (non digital) yang diakuisisi GoTo grup dan bertransformasi menjadi bank digital. Ekosistemnya cukup menarik, mulai dari Gojek (GoPay), Tokopedia, Bibit, hingga Stockbits.

Kalau misal sudah punya akun terverifikasi di Bibit, kalian bisa membuka rekening melalui partner itu. Nanti tidak perlu memasukkan data secara manual, termasuk foto KTP juga tidak perlu ada video call dengan CS.

Kalian bisa memilih Bank Jago untuk rekening tabungan konvensional, atau Bank Jago Syariah untuk yang unit usaha syariah-nya. Konvensional ada kekhawatiran bakal terkena fee bulanan apabila masa bakar uangnya sudah selesai, seperti kakaknya dulu. Sedangkan yang syariah menggunakan akad wadiah, jadi seharusnya tidak akan berkurang atau bertambah sendiri saldonya tiap bulan. Saya pakai yang syariah.

Oh ya, fee dan gratisan bakal tergantung level kalian ya. Setiap level ada syaratnya, misal rata-rata saldo tiap bulan, akun tersambung partner atau ga dan sebagainya.

Sebelun Oktober dulu membuka rekening baru otomatis masuk level silver, sehingga bisa request kartu ATM gratis. Tapi sekarang akun baru level jagoan, bisa sih jadi silver tapi harus deposit dulu minimal 500.000 rupiah baru keesokan harinya request kartu. Kalau tidak akan terkena biaya request dan pengiriman 40.000.

Kartu debitnya sendiri debit online Visa. Bisa banget tuh kalian pake belanja online di international payment atau merchant lainnya. Bisa juga pake tap-tap di transportasi publik negara maju. Secara visual kartu ATM syariah lebih bagus dibandingkan dengan yang konvensional.

Ternyata layanan antara konvensional dan syariah cukup banyak perbedaannya. Bagi kalian pengguna Bank Jago Syariah tidaka bisa berbagi kode referral dan tidak bisa membuka RDN di Stockbits. Semoga ke depannya jadi bisa.

Oh ya, Bank Jago sudah mulai kelihatan mulai mengurangi bakar uangnya. Mungkin tidak lama lagi ada kabar mengenai layanan yang syaratnya berubah, artinya masa bakar uang sudah selesai.

_____________________
Mengapa saya tidak membahas Bank Rakyat Indonesia (BRI)? Walaupun BRI kantor cabang dan ATM-nya tersebar paling banyak dan sampai pelosok Indonesia, bahkan mempunyai satelit sendiri. Tapi banyak potongan-potongan gaib kalau pakai rekening tabungannya. Banyak biaya tidak jelas yang akhirnya mengurangi saldo sedikit demi sedikit, tapi ternyata terasa juga.


Jadi itulah beberapa bank yang patut kalian pertimbangkan saat hendak membuka rekening. Selamat menabung!
***

Post a Comment for "Buka Rekening Tabungan Mudah di Bank-Bank Berikut"